Adab Mengunjungi dan Doa Untuk Pengantin Baru

Doa untuk pengantin baru sejatinya menjadi hal yang paling penting tatkala sedang mengunjunginya. Karena dengan mendoakan kebaikan kepada pengantin, maka kebaikan tersebut juga akan kembali kepada yang mendoakan. Tidak hanya doa, harus pula memperhatikan adab saat mengunjungi pengantin baru. Berikut adab dan doa yang harus diketahui.

Adab-adab Mengunjungi Dan Doa untuk Orang Yang Baru Menikah

1. Tidak Membedakan Kasta

Ketika hendak menghadiri sebuah pernikahan tidak terlalu fokus kepada siapa yang mengundang. Selama undangan tersebut tidak menyalahi kaidah syariat agama, maka seorang muslim wajib untuk menghadiri sebuah walimah atau resepsi pernikahan. Sangat dilarang dalam agama untuk membedakan kaya atau miskin, karena termasuk bagian dari orang-orang yang sombong.

Dengan berniat untuk memenuhi undangan pernikahan maka itu lebih baik. Daripada memilih-memilih pernikahan mana yang harus dihadiri. Hukum dari menghadiri sebuah pernikahan adalah wajib. Selama pernikahan tersebut bebas dari perkara-perkara yang mengandung maksiat tanpa melihat orang yang mengundang berasal dari keluarga kaya atau miskin.

2. Datang Tanpa Menunda

Datang tanpa menunda termasuk dari adab yang harus dilakukan selain mengirimkan doa untuk pengantin baru. Sebuah walimah atau resepsi pernikahan hukumnya wajib untuk dihadiri tanpa menunda-nunda, apalagi ditunda untuk hal-hal yang sama sekali tidak mendatangkan manfaat.

Rasulullah juga sudah bersabda bahwa jika seseorang diundang, maka hendaklah untuk segera memenuhinya. Karena hal tersebut termasuk dari menghormati dari sang pemilik hajat. Termasuk dalam kaidah memuliakan saudaranya yakni dengan menghadiri undangan pernikahannya dengan segera.

3. Mendoakan Pengantin

Masih banyak orang yang berpikir bahwa menghadiri sebuah pernikahan sama halnya dengan pesta dan hura-hura semata. Padahal hakikatnya sebagai orang yang diundang hendaknya wajib mendoakan kebaikan kepada pengantin baru tersebut. Hal tersebut lebih bermanfaat dan bernilai pahala disisi Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga : Doa Walimatul Ursy untuk Calon Pasangan Pengantin

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam pun sudah mengajarkan sebuah doa kepada umatnya yang memang khusus diberikan kepada mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan. Adapun doa untuk pengantin baru yaitu “Barakallahu laka wa barakah ‘alaika wa jama’a bainakumma fii khair”.

4. Tidak Menghadiri Undangan Yang Penuh Maksiat

Agama Islam sudah mengajarkan tata cara menyelenggarakan sebuah pernikahan yang benar sesuai dengan sunnah. Maka, sebagai seorang muslim hendaknya untuk memperhatikan hal tersebut, bahwa ada beberapa kaidah penting ketika hendak menghadiri sebuah resepsi pernikahan.

Jika pernikahan tersebut campur baur tanpa adanya pemisah antara laki-laki dan perempuan. Ada baiknya, yang diundang untuk memilih tidak menghadiri pernikahan tersebut atau menundanya hingga para tamu tidak lagi ikhtilat atau campur baur. Karena Islam sangat melarang ikhtilat kecuali untuk hal-hal tertentu.

5. Membaca Bismillah Dan Duduk Ketika Makan

Membaca bismillah sebelum menyantap makanan yang disuguhkan pada resepsi juga termasuk dari adab yang harus diperhatikan selain memberikan doa untuk pengantin baru. Sebagaimana adab yang memang sudah dianjurkan oleh agama bahwa hendaknya harus mengucapkan basmalah sebelum makan agar terhindar dari gangguan setan.

6. Tidak Berdandan Terlalu Berlebihan

Hal satu ini masih jarang orang yang memperhatikan. Sejatinya, ketika hendak menghadiri sebuah pernikahan sangat dilarang untuk bertabarruj atau berdandan yang secara berlebihan. Akan dikhawatirkan menjadi fitnah bagi orang lain ketika melihat wajah yang dirias begitu cantik. Islam melarang keras mengenai hal ini.

Itulah beberapa hal yang harus

benar-benar diperhatikan ketika mengunjungi sebuah resepsi pernikahan yang sesuai dengan sunnah. Selain mendoakan pengantin, ada baiknya untuk melaksanakan adab-adab tersebut, agar mendapatkan kebaikan serta pahala meski sedang mengunjungi sebuah resepsi pernikahan.
Ustad Mustamin Sidiq

Senang membaca seputar sejarah dengan pengetahuan agama. Penulis Lepas di halaman zonasyariah sejak saat ini

Leave a Comment

Recent Posts

Doa Penutup Acara Seminar

Zona Syariah - Suatu peristiwa atau kegiatan pada umumnya harus ditaati sedemikian rupa agar dapat…

13 jam ago

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Menurut Hadis yang diriwayatkan: Al Uqaili, Ad Daraqutni dan Ibnu Asakir, Asrarul Marfuah Hadist ke-13…

4 minggu ago

Doa Agar Musuh Meninggal

Satu saat yang lalu saya hadapi kasus dengan sama-sama karyawan, wajarlah kalau kita dalam sebuah…

4 minggu ago

Doa Yasin untuk Memisahkan Suami dari Selingkuhannya

Surat yasin yang merupakan surat ke-36 dalam Al-qur’an ini sering menjadi surat langganan untuk dibaca…

4 minggu ago

Doa Untuk Mendapatkan Wanita yang Kita Inginkan

Ketika kita sedang mengagumi seseorang, pasti ada rasa ingin memiliki orang yang kita kagumi tersebut.…

1 bulan ago

Doa Supaya Pacar Tambah Sayang Sama Kita

Pacaran dalam Islam sebenarnya merupakan hal yang diharamkan. Akan tetapi pacar yang dimaksud pada kesempatan…

1 bulan ago